Tips Menghitung Usia Kehamilan yang Mudah dan Akurat

Kesehatan

Kehamilan memang banyak dinantikan oleh para wanita yang sudah menikah. Banyak yang segera menginginkan diberi momongan agar bisa menjadi ibu yang seutuhnya. Akan tetapi, terkadang orang sering dipusingkan dengan cara menghitung usia kehamilan masing-masing. Terlebih, jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Ketika seseorang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Tak jarang jika terjadi kebingungan dalam penghitungan usia kehamilan. Hal ini tentu akan membuat taksiran HPL (Hari Perkiraan lahir) menjadi kurang akurat. Tapi, ada cara atau tips mudah dan akurat yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghitungan usia kehamilan.

Tips Menghitung Usia Kehamilan Anda

Banyak para ibu muda yang mengalami kesulitan ketika melakukan penghitungan usia kehamilan. Beberapa tips dapat Anda lakukan untuk bisa mulai melakukan penghitungan usia kehamilan Anda sejak Anda dinyatakan hamil oleh bidan atau dokter, antara lain sebagai berikut.

Menggunakan Kalkulator Kehamilan secara Online

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan secara online.  Anda bisa dengan mudah mengecek usia kehamilan tanpa harus datang ke dokter. Dengan mengunduh aplikasi penghitung usia kehamilan melalui Playstore, Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya.

Cara Menghitung:

Anda hanya perlu memasukkan tanggal, bulan, dan tahun hari pertama haid terakhir beserta siklus haid Anda. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan menghitung berapa lama usia kehamilan Anda berjalan.

Menggunakan Kalender (Rumus Naergele)

Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui siklus haid Anda. Biasanya, cara ini dapat digunakan pada wanita dengan siklus haid 28 hari atau 30 hari.

Contoh Menghitung:

HPHT 20 Januari 2019

Tanggal HPHT 20+7 =27

Bulan HPHT 1+9 =10

Tahun HPHT 2019

Maka, diperkirakan kelahiran akan terjadi pada tanggal 27 Oktober 2019.

Sistem Fundus Uteri

Fundus uteri disebut juga puncak rahim. Seiring dengan pertumbuhan janin, puncak rahim akan semakin meninggi. Rabalah puncak rahim yang terasa menonjol pada perut. Hitung jaraknya mulai dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika jaraknya 17 cm, maka perkiraan usia kehamilan Anda adalah 17 minggu.

Deteksi Gerakan Janin

Anda bisa mendeteksi usia kehamilan melalui deteksi gerakan janin.. Anda hanya perlu mendeteksi gerakan janin Anda, jika sudah ada pergerakan maka dimungkinkan usia kehamilan Anda sekitar 18-20 minggu.

Mengapa Penting Mengetahui Usia Kehamilan?

Berikut alasan penting mengapa Anda harus mengetahui usia kehamilan Anda.

  • Memenuhi asupan gizi yang cukup bagi janin
  • Melakukan aktivitas yang aman dan dianjurkan
  • Mempersiapkan segala keperluan bayi
  • Mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Itulah cara mendeteksi atau menghitung berapa lama usia kehamilan Anda telah berlangsung. Dengan begitu, Anda bisa mulai mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari asupan hingga berbagai kebutuhan lainnya.