Perencanaan Keuangan dan Penerapan Investasi Yang Baik

Others

Mengelola keuangan di zaman sekarang hukumnya sudah wajib ya. Bisa merencanakan dan membuat keputusan yang tepat tentang manajemen keuangan sepertinya harus dilatih sejak usia remaja. Seperti yang bisa kita lihat sekarang perkembangan zaman yang pesat mengharuskan kita untuk mau tidak mau harus bisa beradaptasi mengikuti arusnya. Banyak cara dan pelatihan untuk menciptakan sebuah perencanaan keuangan yang baik. Bisa dari seminar , investasi, atau ikut pelatihan program pemerintah.

Jika ingin mencoba investasi online cobalah dengan barang emas, cara ini memang memerlukan modal yang lumayan banyak dan kesiapan mental, karena tentu saja  harga emas yang kadang tidak stabil mengharuskanmu harus siap dengan segala resiko yang ada ke depannya. Namun jika dengan emas dirasa terlalu memberatkan kamu bisa mencoba bisnis investasi yang baik dengan modal yang tidak terlalu besar misalkan saja dropsipher.

Bisnis ini memang membutuhkan biaya yang tidak begitu besar, jadi kamu bisa memulainya dengan melakukan pinjaman dana online. Nah, untuk memilih pinjaman dana online yang sudah terakreditasi dengan baik, kamu bisa memilih Amartha sebagai pilihan terlengkap. Mengapa terlengkap, Amartha bukan hanya tempat untuk memperoleh pinjaman dana saja, melainkan kamu juga bisa mendapatkan serangkaian edukasi penting terkait masalah-masalah keuanganmu.

Sebagai bentuk kontribusi nyatanya terjun dalam masyarakat, amartha telah mengadakan lebih dari 66 pelatihan literasi keuangan selama tahun 2018 dengan merangkul sebanyak 28.647 peserta dari masyarakat umum, jumlah anggota ini belum termasuk peminjam Amartha. Ini adalah bukti nyata untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bahkan sampai ke pelosok sekalipun. Untuk kamu yang sudah punya pengalaman pahit dengan jasa pinjaman online lain, data privasi yang bocor, atau penagihan yang tiba-tiba membengkak tanpa adanya informasi pemberitahuan, hal seperti ini tidak perlu kamu takutkan lagi.

Sistem keamanan Amartha yang sudah aman terpercaya menjadi jaminannya. Dengan sistem peer to peer lending yang telah berizin usaha dan diawasi langsung oleh OJK membuat data-data peminjam aman di tempatnya. Proses pengajuan juga tidaklah sulit, cukup lengkapi data pribadimu seperti KTP dan rekening bank, setelah akunmu sudah ter verifikasi maka proses pendanaan dimulai. Di Amartha kamu bisa pilih peminjaman sesuai dengan pertimbangan risiko, maka sebelum membuat keputusan berapa banyak pinjaman pertimbangkan risiko-risiko yang akan dihadapi ke depannya.

Kamu juga bisa memilih berdasarkan lokasi, jenis usaha, dan plafon pinjaman yang sesuai. Setelah pendaan disetujui , maka kamu bisa mendapatkan pinjaman sesuai dengan pilihanmu. Untuk tahap selanjutnya kamu akan diberikan pendampingan melalui kelompok dari 15 sampai 20 orang dengan domisili yang berdekatan. Kelompok ini wajib mengikuti pelatihan untuk membangun komitmen yang disiplin dan rasa peduli antar anggotai jika yang lain sedang kesusahan atau mengalami kesulitan dalam pembayaran.

Pertemuan-pertemuan ini seluruhnya akan difasilitasi oleh pihak Amartha. Sebagai perempuan yang tangguh dan mandiri tentu kita ingin memiliki sebuah usaha walaupun hanya mikro, di sini Amartha hadir sebagai pelayanan pendanaan bagi pengusaha mikro yang tidak memiliki akses layanan tersebut, mitra usaha terpilih Amartha adalah pengusaha mikro perempuan dengan kebutuhan modal mulai dari 1,5 juta.

Pendanaan akan disalurkan untuk usaha produktif di tempat mereka tinggal. Jadi untuk wanita muda Indonesia atau ibu-ibu di pedesaan yang ingin memulai usaha warung atau jasa dropsiher jangan khawatir tentang pendaan lagi ya. Sudah ada solusi terpercaya yang bisa membantu kita.

Read More

Yuk Baca Segala pengobatan untuk neuritis optic

Kesehatan

Setelah mengetahui gejala gejala , tanda tanda dan penyebabnya dari neuritis optic kita harus juga mengetahui bagaimana pengobatan untuk neuritis optic. Neuritis optic adalah termasuk gangguan penglihatan akibat peradangan pada saraf mata yang terjadi pada penderita multiple sclerosis yang biasanya ditandai dengan buramnya penglihatan mata pada salah satu mata dan rasa nyeri pada mata kita . kita harus pandai mengetahui gejala gejala umum neuritis optic untuk mengetahui lebih dini tentang penyakit tersebut dan juga mengetahui penyebab penyebab neuritis optic untuk bisa menghindarinya . Selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana pengobatan neuritis optic ? Sejak kapan kita harus segera ke dokter ? Dilasir dari alodokter untuk orang yang berusia dibawah 40 tahun dianjurkan untuk memeriksakan matanya setiap 2 tahun dan juga orang yang berusia diatas 40 tahun perlu melakukan pemeriksaan mata rutin setiap 1-2 tahun ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan maka perlu yang namanya pemeriksaan rutin ke dokter mata. Gangguan penglihatan adalah gejala neuritis optic yang umum terjadi . pengobatan neuritis optic biasanya juga akan mengalami  multiple sclerosis sehingga diperlukan pemeriksaan yang lebih sering dari yang dianjurkan . jika memang mengalami keluhan rasa sakit pada mata atau perubahan kemampuan melihat maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mata apabila gejala bertambah parah dan tidak membaik setelah diobati. jika keluhan gangguan penglihatan disertai mati rasa atau melemahnya satu sisi dari anggota tubuh maka segera harus ke IGD rumah sakit terdekat . Jika ingin pemeriksaan dokter , sebagai langkah awal penanganan pengobatan neuritis optic  , dokter akan bertanya seputar gejala yang dialami pasien dan akan melakukan pemeriksaan terhadap mata pasien . Dlansir dari alodokter ada beberapa pengobatan neuritis optic yang akan dilakukan oleh dokter mata , yaitu

  • Pemeriksaan tajam penglihatan

Pada tahap ini bertujuan untuk mengukur ketajaman penglihatan pasien dan tahap yang dilakukan dokter kan meminta pasien untuk melihat dan menyebutkan angka atau alphabet yang diletakkan pada jarak tertentu .

  • Pemeriksaan lapang pandang

Pada tahap ini , dokter akan membantu dokter mengetahui kemampuan mata pasien untuk melihat objek objek yang ada di tepi lapang pandang dan dalam tes ini dapat dilakukan berbagai metode bisa manual dan dengan bantuan alat khusus.

  • Tes reaksi pupil terhadap cahaya

Pupil pada penderita neuritis optic yang tidak mengecil sekecil pupil mata yang sehat jika disinari oleh cahaya terang . Pada tahap tes ini , dokter akan menyinari mata dengan senter untuk melihat respon pupil terhadap cahaya yang terang .

  • Oftalmoskopi

Pada tahap ini akan membantu dokter mata untuk menyinari mata dengan cahaya dan melihat struktur di dalam bola mata pasien . pemeriksaan oftalmoskopi yang bertujuan untuk memeriksa lempengan saraf optic . jika lempengannya bengkak , kemungkinan pasien tersebut sudah menderita neuritis optic . maka dari itu pemeriksaan ini menggunakan alat khusus bernama oftalmoskop .  dalam tahap ini , dokter mata juga akan melakukan pemeriksaan optical coherence tomography atau OCT berfungsi untuk memeriksa ketebalan serabut saraf retina dan tes visual evoked response untuk menilai kecepatan aliran listrik dari  saraf optic . serabut saraf penderita neuritis optic lebih tipis dari orang yang normal dan aliran listriknya cenderung melambat .

  • Pengobatan lainnya

Seperti obat kortikosteroid , suntik immunoglobulin atau IVIG  dan Vitamin B12.

Read More

Tips Menghitung Usia Kehamilan yang Mudah dan Akurat

Kesehatan

Kehamilan memang banyak dinantikan oleh para wanita yang sudah menikah. Banyak yang segera menginginkan diberi momongan agar bisa menjadi ibu yang seutuhnya. Akan tetapi, terkadang orang sering dipusingkan dengan cara menghitung usia kehamilan masing-masing. Terlebih, jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Ketika seseorang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Tak jarang jika terjadi kebingungan dalam penghitungan usia kehamilan. Hal ini tentu akan membuat taksiran HPL (Hari Perkiraan lahir) menjadi kurang akurat. Tapi, ada cara atau tips mudah dan akurat yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghitungan usia kehamilan.

Tips Menghitung Usia Kehamilan Anda

Banyak para ibu muda yang mengalami kesulitan ketika melakukan penghitungan usia kehamilan. Beberapa tips dapat Anda lakukan untuk bisa mulai melakukan penghitungan usia kehamilan Anda sejak Anda dinyatakan hamil oleh bidan atau dokter, antara lain sebagai berikut.

Menggunakan Kalkulator Kehamilan secara Online

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan secara online.  Anda bisa dengan mudah mengecek usia kehamilan tanpa harus datang ke dokter. Dengan mengunduh aplikasi penghitung usia kehamilan melalui Playstore, Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya.

Cara Menghitung:

Anda hanya perlu memasukkan tanggal, bulan, dan tahun hari pertama haid terakhir beserta siklus haid Anda. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan menghitung berapa lama usia kehamilan Anda berjalan.

Menggunakan Kalender (Rumus Naergele)

Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui siklus haid Anda. Biasanya, cara ini dapat digunakan pada wanita dengan siklus haid 28 hari atau 30 hari.

Contoh Menghitung:

HPHT 20 Januari 2019

Tanggal HPHT 20+7 =27

Bulan HPHT 1+9 =10

Tahun HPHT 2019

Maka, diperkirakan kelahiran akan terjadi pada tanggal 27 Oktober 2019.

Sistem Fundus Uteri

Fundus uteri disebut juga puncak rahim. Seiring dengan pertumbuhan janin, puncak rahim akan semakin meninggi. Rabalah puncak rahim yang terasa menonjol pada perut. Hitung jaraknya mulai dari tulang kemaluan hingga puncak rahim. Jika jaraknya 17 cm, maka perkiraan usia kehamilan Anda adalah 17 minggu.

Deteksi Gerakan Janin

Anda bisa mendeteksi usia kehamilan melalui deteksi gerakan janin.. Anda hanya perlu mendeteksi gerakan janin Anda, jika sudah ada pergerakan maka dimungkinkan usia kehamilan Anda sekitar 18-20 minggu.

Mengapa Penting Mengetahui Usia Kehamilan?

Berikut alasan penting mengapa Anda harus mengetahui usia kehamilan Anda.

  • Memenuhi asupan gizi yang cukup bagi janin
  • Melakukan aktivitas yang aman dan dianjurkan
  • Mempersiapkan segala keperluan bayi
  • Mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Itulah cara mendeteksi atau menghitung berapa lama usia kehamilan Anda telah berlangsung. Dengan begitu, Anda bisa mulai mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari asupan hingga berbagai kebutuhan lainnya.

Read More

Inilah 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Kesehatan Anak Kucing Anda

Lifestyle

Makanan yang bagus bisa meningkatkan sistem imun anak kucing. Begitu pula sebaliknya. Namun biasanya, para pemilik baru kesulitan mengidentifikasi kesehatan anak kucing. Satu hal yang perlu disadari: anak kucing itu tidak suka diet, lho! Mereka tidak bisa disamakan dengan program kesehatan Anda. Terus, apa saja 5 penyakit anak yang disebut di atas? Ini dia.

  1. Infeksi Pernapasan

“Herpes adalah pembunuh anak-anak kucing, terutama yang masih berusia beberapa pekan,” kata Dr. Tony Johnson, asisten dosen di Klinik Kedokteran Hewan dari Universitas Purdue. Infeksi pernapasan ini lazim disebabkan oleh aktivitas bakteri maupun virus ketika anak kucing lagi bersin maupun mengembuskan napas.

Gejala yang biasa tampak pada anak kucing yang terserang infeksi pernapasan bisa Anda amati sendiri ketika ia menolak diberi makan. Pada awalnya mungkin ini sering dianggap wajar. Tapi kalau dibiarkan lama-lama, dampaknya bisa serius. Bagaimanapun, anak kucing memerlukan gizi untuk tumbuh sehat.

  1. Distemper

Penyakit distemper atau panleukopenia mungkin jarang menyerang anak kucing. Tapi kalau dianggap remeh, penyakit ini bisa menyebabkan dampak kesehatan anak kucing memburuk, bahkan bisa sampai ke tahap kematian. Virus ini menyerang sistem imun tubuh, mengurasnya sampai habis, yang artinya tak bisa dengan mudah ditolerir.

Tanda-tanda anak kucing yang terserang penyakit ini bisa Anda cermati. Biasanya tubuh mereka sepucat mayat, keluar muntahan, kurang nafsu makan, ketakutan, dan diare berwarna putih. Anak kucing yang punya gejala ini sebaiknya segerakan diopname. Dokter hewan sering memberi mereka anti-biotik untuk pencegahan infeksi kedua, seperti banyaknya cairan.

  1. Cacing Usus

Cacing usus banyak macamnya. Ada roundworm, hookworm, dan whipworm. Mereka sering mendiami usus anak kucing dan menyebabkan diare, kadang-kadang dibarengi keluar darah, penyusutan berat badan, dan gagal tumbuh. Kontak penyakit ini biasa terjadi ketika mereka makan buah-buahan yang belum dicuci.

Kalau Anda punya anak kucing dengan gejala ini, langkah tepatnya adalah bawa ke pusat kesehatan hewan. Kalau bisa, tentu yang tahu cara mengatasi serangan dari beragam tipe cacing.

  1. Coccidia

Penyakit ini sering menyerang ketika anak kucing lagi pup (read—buang air besar). Malangnya, tak ada vaksin yang bisa melindungi dari serangan coccidian untuk anak kucing. Tapi kabar baiknya penyakit ini hampir tak ditemukan pada anak kucing manapun.

Tanda-tanda kucing yang terserang adalah diare, dehidrasi, dan kurang nafsu makan. Anda bisa membawa ke pusat kesehatan hewan untuk terapi rutin paling tidak tiga minggu sekali. Kalau enggan pergi ke sana juga tak apa.

  1. Kuman Telinga

Kuman telinga hampir sama cara menyerangnya dengan kutu loncat. Mereka merupakan binatang mikroskopis yang berwarna putih dan Anda bisa melihat mereka kalau lebih cermat. Ukurannya separuh dari sebiji garam. Anda bisa melihatnya di area seputar telinga. Mereka biasa menyedot darah di area itu.

Tanda-tanda kucing terserang kuman telinga adalah telinganya akan tampak suatu goresan, kepala si anak kucing kerap menggeleng terlalu banyak, dan itu sangat menyakitkan untuk mereka. Cara mengatasinya dengan memberi tetesan liquid satu atau dua minggu sekali pada seputaran area yang diserang.

Kucing yang sehat merupakan idaman para pecinta kucing. Kucing yang sehat bisa membuat banyak orang ceria. Tingkah mereka pun bisa membuat kadar stres Anda menurun hanya dengan membelai sekali atau beberapa kali. Hampir sebanding dengan keceriaan yang didapat ketika ada anak kecil di dekat Anda.

Pencegahan dan kecermatan terhadap perkembangan tubuh anak kucing jarang sekali diperhatikan banyak orang. Pada momen-momen seperti itulah biasanya sangat riskan dan rentan terhadap serangan penyakit. Kalau bukan Anda yang merawat mereka, siapa lagi? Setidaknya dengan mengetahui gejala maupun sebab-sebab 5 jenis penyakit di atas menyerang anak kucing akan membuat Anda selalu waspada.

Kesehatan anak kucing dalam sebuah keluarga merupakan harga wajib yang perlu ditebus kalau mau menciptakan lingkungan terbaik. Para kucing bukanlah beban, seperti kata banyak orang. Mereka adalah salah satu sahabat yang paling mengerti kondisi hati Anda. Kapan pun, ia akan siap menghibur Anda dalam kondisi apa pun. Beruntungnya, gratis, dan ia tidak memungut biaya demi membahagiakan Anda.

Read More